Home / Gaya Hidup / Tas Aceh, Unik dengan Sentuhan Etnik

Tas Aceh, Unik dengan Sentuhan Etnik

Tas Aceh, Unik dengan Sentuhan Etnik – Perempuan tidak terlepas dengan tas sebagai gaya hidup yang sudah menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Membeli atau mengoleksi tas menjadi tren dan mempunyai prestise tersendiri. Bagi anda yang hobi wisata belanja, tak ada salahnya menambah koleksi yang bertema etnik dan Unik. Itulah satu kata yang melekat pada produk yang mengusung tema ini.

Tas Khas Etnik Aceh
Tas Khas Etnik Aceh

Tas Aceh, Unik dengan Sentuhan Etnik

Indonesia yang memiliki keragaman suku bangsa menawarkan rupa-rupa produk dengan sentuhan etnik dari daerahnya masing-masing. Tak terkecuali daerah Aceh, provinsi yang terletak di ujung paling barat nusantara.

Kami berkesempatan menyambangi langsung salah satu sentra pembuatan tas etnik Aceh yang berada di Desa Ulee Madon. Desa ini letaknya di kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.

Tas Aceh dari Industri Rumahan

Sentra industri tas aceh yang berkembang dari usaha rumahan yang pertama sekali di gawangi oleh Bapak Sanusi, yang sampai  sekarang terus berkembang dan sudah banyak di kerjakan oleh hampir setiap rumah yang ada di desa ule madon dan sekitar desa tetangga seperti desa Aron, jika di kalkulasi sudah mencapai 50 pengrajin.

Pengrajin Tas Aceh
Pengrajin Tas Aceh

Rata-rata setiap harinya seorang pengrajin dapat menghasilkan 10 buah tas. Selain dipasarkan, tempat ini juga menerima pesanan sesuai dengan jumlah, motif dan juga model tas yang sesuai keinginan dari pemesannya. Setiba di lokasi mata kami langsung dimanjakan oleh deretan tas yang terpajang di etalase. Ada bermacam model yang dipajang seperti tas ransel, tas sandang, tote bag dan berbagai pilihan dompet cantik yang tersedia dalam berbagai ukuran  dan juga warna.

Uniknya tas aceh ini meskipun mengangkat tema etnik, akan tetapi tas khas etnik Aceh juga menawarkan model dan motif bagi mereka yang berjiwa muda. Pengrajin pun terlihat berani bermain warna. Sebut saja sentuhan hijau tosca, ungu muda dan pink fanta yang membuat kesan ceria serta mentereng.

Tas Aceh dengan Warna Yang  Mentereng

Warna bertema klasik seperti warna dasar hitam yang ditimpa kuning keemasan tidak lagi mendominasi tas aceh, 2 warna yang awalnya menjadi simbol kejayaan daerah Aceh. Meskipun demikian, pengrajin tetap mempertahan motif bordiran yang menjadi ciri khas tas etnik Aceh ini. Sebut saja motif pucuk rebung, pintu Aceh  dan juga motif bungong kupula (bunga khas Aceh).

Tas Aceh Online
Tas Aceh Online

Bahannya pun berbeda-beda seperti kulit yang sering di pakai untuk pelapis jok mobil, sintetis dan prada. Proses pembuatannya dimulai dengan membuat pola, mendisain pola, memotong kain bahan, membordir, dan finishing. Untuk harga pun terbilang tidak mencekik kantong. Sebuah tas di banderol mulai dengan harga tas aceh  Rp 40 ribu – Rp 180 ribu saja.

Itulah keuntungan kalau beli langsung ke pengrajin melalui situs kami di www.tasaceh.com, karena di pasar harganya tentu akan lebih mahal. Keuntungan lainnya di sini bisa pesan motif, warna beserta model sesuai keinginan. Jumlahnya pun tidak dibatasi,” Ungkap Kak Yani, salah seorang Pengrajin di ulemadon Aceh Utara”.

Bagi anda yang tidak memiliki kesempatan untuk menyambangi langsung pengrajinnya, tak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa menenteng tas etnik Aceh sebagai oleh-oleh. Cukup memesan berbagai produk tas khas etnik aceh melalui www.tasaceh.com. Hasil karya tangan pengrajin yang juga warga setempat sudah menjajal berbagai pameran. Seperti baru-baru ini tas etnik Aceh hadir di Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun lalu. Indonesia mempunyai khazanah seni budaya dengan keragaman suku bangsa yang tersembunyi di dalamnya, sebagai suatu potensi yang mempunyai nilai jual yang tak dimiliki negara lain.

Saatnya kita harus menghargai karya anak bangsa sendiri, dengan bangga memakai produk negeri sendiri. Menenteng tas Aceh, kenapa tidak?

Incoming search terms for the article:

About admin

Check Also

Tas Aceh 2017

Tas Aceh Terbaru Untuk Tahun 2017 hingga 2018

Tas Aceh Terbaru Untuk Tahun 2017 hingga 2018 Tas Aceh Terbaru Untuk Tahun 2017 hingga ...