Home / Aceh Lon Sayang / Karena 10 Hal Ini, Anda Wajib Datang ke Aceh

Karena 10 Hal Ini, Anda Wajib Datang ke Aceh

Anda Wajib Datang ke Aceh – Setelah masa konflik yang berkepanjang mendera daerah aceh, yang kemudian di akhiri dengan datangnya bencana alam gempa bumi dan tsunami akhir tahun 2004, kini aceh mulai bangkit dan telah tampil dengan wajah serta tatanan pembangunan yang baru, banyak keistimewaan yang terdapat di aceh yang sayang jika anda belum pernah melangkahkan kaki ke daerah yang dari dulu sudah dijuluki dengan “Daerah Istimewa Aceh”. untuk itu keistimewaan inilah yang menjadi alasan kenapa anda wajib datang ke aceh.

Karena 10 Hal Ini, Anda Wajib Datang ke Aceh

1. Tugu Nol Kilometer Sabang Aceh

Dikarenakan Aceh berada di ujung sumatera paling barat Indonesia, maka Aceh menjadi pintu masuk utama dihitungnya batas awal Indonesia. Perhitungan ini dimulai dari titik 0 Kilometer di Sabang hingga terbentang jauh ke Merauke. Jika anda berkunjung ke Sabang sempatkanlah diri anda untuk mengunjungi monumen Nol (0) Kilometer tempat start point Indonesia. Berdiri disana, melihat rentang laut yang luas sejauh mata memandang, akan membuat anda tersadar ternyata Indonesia  itu begitu luas dan kaya sehingga rasa Indonesiamu akan terasa lebih heroik disini.

Monumen Nol Kilomenter
Monumen Nol Kilomenter

Aceh yang Bersyariat Islam

Terkadang hati ini merasa heran dengan stigma negatif dan fobia islam yang terbentuk di luar sana tentang penerapan syariat Islam di Aceh. Seakan-akan penerapannya begitu mengerikan, konservatif dan tertutup. Jikalau anda datang ke Aceh islam fobia tidak akan anda temui. Penerapan syariat Islam di serambi mekah begitu humanis dan hanya diterapkan bagi warga muslim saja. Di aceh warganya bisa melaksanakan kehidupan sehari-hari dengan bebas tanpa dibatas-batasi. Toleransi antar umat beragama juga tinggi tidak pernah terdengar terjadi konflik antar pemeluk umat beragama di Aceh sejak dahulu. Melangkahkan kaki ke Aceh, dapat membuat anda belajar banyak hal mengenai agama islam, termasuk toleransi sesama.

Syariat Islam
Syariat Islam

Tugu Museum Tsunami Aceh

Di wilayah Indonesia, sebenarnya banyak tempat yang pernah terkena gempa dan tsunami, namun nyaris tidak ada yang merekam dan mengabadikan momen kejadian itu dengan baik bagi generasi selanjutnya. Tetapi di Aceh anda akan menemui beberapa hal yang berbeda. Setelah pasca bencana dahsyat sebelas tahun yang lalu, segala hal tentang tsunami masih bisa dilihat dan dipelajari. Begitu banyak bukti tsunami yang masih dipertahankan seperti Rumah Tsunami, PLTD Apung, atau Kapal di Atas Rumah. Di daerah Aceh juga terdapat bangunan museum tsunami yang satu-satunya ada di Asia Tenggara. Selain itu dibangun juga escape building (gedung penyelamatan) sebagai tempat evakuasi jika tsunami datang lagi. Nah, untuk mempelajari bencana tersebut di aceh juga telah berdiri pusat mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami (TDMRC) sekaligus media edukasi warga dan ini belumlah termasuk rambu-rambu penyelamatan bencana yang tersebar luas di sepanjang ruas jalan. Berkunjung ke daerah istimewa aceh, anda akan diajak untuk menjadi lebih siap siaga bencana.

Museum Tsunami
Museum Tsunami

Surganya Warung Kopi Aceh

Ada yang bilang, ke Aceh wajib ngopi. Ya memang benar, selain penghasil kopi terbaik, menikmati kopi adalah separuh nafas harian warga Aceh. hampir setiap hari warung kopi selalu ramai. Menemukan warung kopi disini begitu mudah sangking banyaknya. Ada yang mengatakan berjalan sepuluh langkah di Aceh akan selalu menjumpai warung kopi. Selain aromanya yang nikmat, kopi di Aceh juga lumayan murah dan duduk di warung kopi (warkop) juga dibolehkan berlama-lama tanpa batas. Hanya bermodalkan secangkir kopi, anda bisa duduk berlama-lama di warung kopi. Saya tidak pernah mendengar ada seseorang yang diusir dari warung kopi gara-gara kelamaan duduk. Keunggulan warung kopi di Aceh lainnya adalah pengunjung tidak dikenakan biaya service tambahan atau pajak layaknya tempat ngopi di luar sana. Jadi nongkrong di warkop Aceh siapa takut?

Warung Kopi
Warung Kopi

Penghasil Kopi Terbaik

Kopi di Aceh merupakan kopi terbaik yang berasal dari dataran tinggi Tanah Gayo di daerah Aceh tengah yang berupa kopi arabika yang sangat dikenal saat ini dengan sebutan “kopi Gayo“. Kopi Gayo itu sendiri merupakan salah satu kopi yang sangat digemari oleh penikmat kopi di dunia dan bahkan kopi ini disebut-sebut lebih nikmat dibandingkan kopi Blue Mountain dari Negara Jamaika.

Kopi Aceh
Kopi Aceh

Hal inilah yang membuat harga jual  dari kopi gayo menjadi tinggi dan mampu menembus pasar internasional. Pada tahun 2010 kopi gayo ini pernah mendapat Sertifikat Indikasi Geografis yang tentunya memperkuat lagi identitas dari kopi aceh ini.

Lengkapnya Keindahan Alam Aceh

Berkunjung ke Aceh, otomatis anda juga akan menikmati keindahan alam yang luar biasa dan alam di Aceh ibarat paket lengkap yang diberikan Tuhan. Semuanya ada disini. Jika anda ingin melihat panorama alam laut, anda bisa diving di Sabang. Ingin mencoba adrenalin surfing dengan ombak besar? Lampuuk dan Pulau Simeuluelah tempatnya. jika Ingin merasakan pasir putih layaknya Maldives, anda bisa berleha-leha di Pulau Banyak Singkil. Bosan dengan laut, nggak salahnya anda menikmati udara dingin pegunungan dengan danau tenang di Aceh Tengah (Takengon yang juga tempat terbaik penghasil kopi) atau ingin merasakan lebatnya hutan dengan keanekaragaman hayati? silahkan anda menjelajahi Gunung Leuser yang menjadi paru-paru dunia. Ingin mencoba arung jeram? Aceh Tenggara tempatnya. Ada banyak pilihan wisata di aceh. Ini belum lagi panorama alam yang dahsyat di sepanjang jalan pesisir Barat-Selatan Aceh yang ditunjang dengan jalan mulus buatan Amerika. Tinggal kamu pilah-pilih sesuai seleramu.

Wisata Aceh
Wisata Aceh

Awal mulanya sejarah Indonesia

Berbicara tentang sejarah Indonesia, tidak bisa terpisahkan oleh keberadaan Aceh. Ada banyak sejarah yang terjadi disini yang kemudian menjadi nafas panjang untuk Indonesia raya. Contohnya, hadirnya pesawat terbang pertama RI 001 Indonesia yang menjadi cikal bakal maskapai penerbangan Garuda dan kehadiran pesawat ini bermula dari sumbangan saudagar kaya dan masyarakat Aceh. Belum lagi peran Radio Rimba Raya di pedalaman aceh tengah yang menyebarkan berita tentang kemerdekaan Indonesia. Termasuk ditunjuknya Bireuen menjadi ibu kota Indonesia ke 3, setelah Yogyakarta dan Bukittinggi Sumatera Barat yang jatuh ke tangan penjajah saat agresi ke 2 Belanda. Daerah Aceh juga memiliki Kerajaan Islam pertama di Indonesia, tempat bermulanya penyebaran agama Islam di Nusantara. Informasi mengenai sejarah ini, masih terpatri baik di Aceh dalam wujud monument. Dengan anda berkunjung ke Aceh sedikit banyak anda akan belajar tentang sejarah Indonesia raya.

Pesawat Pertama Indonesia
Pesawat Pertama Indonesia

Armada Bus Aceh Termewah

Selain pesawat udara yang dapat digunakan untuk landing ke aceh melalui bandara sultan iskandar muda di blang bintang, ada transportasi darat yang tidak kalah menariknya, yaitu armada bus! Bus Aceh telah diakui menjadi bus paling nyaman di indonesia, interiornya keren, kebanyakan menggunakan bus tipe Mercedes Benz dengan Big body dan kursi yang empuk. Berkunjung ke daerah istimewa Aceh dengan bus dari medan Sumatera Utara, anda akan merasa layaknya naik pesawat yang lagi ‘terbang di darat. tidak ada yang namanya pengemis nyelonong masuk dalam bus, tidak akan ada yang namanya penjual cemilan sampai telur rebus yang akan memaksa anda untuk beli, atau pengamen jalanan. Hal-hal seperti itu nggak akan anda temui di bus Aceh. Bahkan tidak sedikit armada yang menyediakan bantal, selimut dan snack selama perjalanan layaknya pesawat terbang.

Armada Bus Aceh
Armada Bus Aceh

Kentalnya Adat Istiadat Kebudayaan Aceh

Banyak yang mengaku kalau sudah pernah berkunjung setidaknya menentap sekian tahun di Aceh, pasti akan merasa begitu kangen dan berat rasanya untuk berpisah. Selain karena beragam kelebihan seperti penjelasan di atas, adat istiada dan budayanya pun juga yang bikin anda ngangenin. Di Aceh ada petuah peumulia jamee adat geutanyoe (dalam bahasa indonesia; memuliakan tamu adalah adat istiadat kita). Petuah ini yang menjadi landasan memuliakan tamu yang datang ke Aceh sesuai dengan sunah rasullullah. Ada banyak kenduri (pesta makan) yang digelar di Aceh untuk menjamu para pendatang.

Menjamu Tamu

Kuliner Aceh yang Lezat

Sekarang ini kuliner Aceh semakin digemari dan bertebaran dimana-mana. Ini membuktikan kalau kuliner di Aceh sangatlah enak dan pantas untuk dicoba. Aneka ragam kuliner sekarang menjadi hit dan di incar oleh banyak orang, seperti Nasi Sate Matang, Nasi Gurih Pagi, Martabak Durian, Mie Aceh dan tentu saja kopi arabika. Menikmati kuliner langsung dari tempat asalnya, tentu memiliki sensasi yang berbeda. Jadi tidak salah jika anda memilih wisata selanjutnya untuk berkunjung ke Aceh dan anda harus sempatkan diri juga untuk berwisata kuliner.

Kuliner Aceh
Kuliner Aceh

Nah, itulah sepuluh hal yang dapat dijadikan alasan, kenapa anda harus segera mengunjungi daerah istimewa aceh, sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya.

Incoming search terms for the article:

About admin

Check Also

Saat Aceh Berduka, Akun-akun Ini Malah Mengeluarkan Kata-kata ini.

Saat Aceh Berduka, Akun-akun Ini Malah Mengeluarkan Kata-kata ini.

Saat Aceh Berduka, Akun-akun Ini Malah Mengeluarkan Kata-kata ini Tasaceh.com Saat aceh kembali di uji ...