Home / Aceh Lon Sayang / Banjir Lagi, Melanda Aceh Utara

Banjir Lagi, Melanda Aceh Utara

Banjir Lagi, Melanda Aceh Utara.| Ribuan warga yang berdomisilil di daerah aliran sungai DAS kreung Kereutou Kecamatan Matangkuli, Kabupaten  Aceh Utara terpaksa  harus mengungsi akibat serbuan banjir yang melanda Aceh Utara, Minggu (17/1/2016).

banjir aceh utara

Banjir Melanda Aceh Utara

Awal mula Banjir diketahui terjadi sejak Minggu kemarin sekitar pukul 00.00 WIB akibat hujan deras sehingga meluapnya Sungai Keuretou dan krueng Pase. Genangan air kemudian melanda 10 Kecamatan di Aceh Utara yakni,  Paya Bakong, Matang Kuli, Tanah Luas, Samudera,  Nisam, Geureudong Pase, Muara Batu, Sawang, dan Pirak Timu, serta kecamatan Lhoksukon.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Kab. Aceh Utra, Sutopo Purwo Nugroho, jumlah pengungsi  akibat banjir dari kecamatan Matangkuli mencapai 1.500 jiwa.

“Kondisi mutakhir banjir tertinggi saat ini sekitar 80 centimeter,” ujar Sutopo. Katanya, hingga saat ini petugas BPBD setempat mengevakuasi warga ke tempat lebih aman dan masih melakukan pendataan.

Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara telah mulai menyalurkan bantuan masa panik untuk korban banjir. Sedangkan Tim SAR, Tagana dan juga BPBD Aceh Utara,  sementara telah memfokuskan diri pada membantu evakuasi dan pendataan korban banjir ke daerah yang lebih tinggi.  Sebagian besar warga mengungsi di meunasah (mushala)  dan rumah warga yang lebih tinggi serta juga di pantee jaga (Pos Rodanda) seperti terekam dalam video warga.

Berdasarkan informasi dari warga yang rumahnya terkena banjir, mengatakan bahwa mungkin banjir kali ini tidak sehebat dan parah dari banjir tahun sebelumnya, namun pergerakan air pada banjir kali ini begitu cepat, pasalnya hujan yang turun tidak kuarang dari 4 jam saja bias mengakibatkan banjir yang menerjang lebih dari 10 kecamatan di Aceh Utara,

Masih menurut warga banjir yang terjadi sekarang di karenakan pendangkalan dasar Sungai Keuretou Dan Sungai Pase sehingga tidak mampu menampung debet air yang tiba-tiba meludak, sehingga banjir melanda Kecamatan Lhoksukon, Matang Kuli, Tanah Luas dan Paya Bakong serta Kecamatan Samudra.

Sampai hari ini berita ini di tuliskan air sudah mulai surut di beberapa titik namun pergerakan air sudah mulai merendam daerah lain, seperti air sudah mulai terlihat di daerah desa Rangkaya yang sudah mulai merangkak naik sejak tadi malam dnan juga titik banjir sudah mulai terlihat di daerah persawahan di Desa Matang Ben Kecamatan Tanah Luas.

Semoga banjir kali ini tidak memakan korban jiwa, dan bias membuat semua kita warga Dan Pemerintah Setempat  bisa lebih peduli terhadap lingkungan dan kelestarian hutan yang ada di gunung, sehingga musibah banjir tidak terjadi lagi. |ef| tasaceh.com

Incoming search terms for the article:

About eko

Check Also

Saat Aceh Berduka, Akun-akun Ini Malah Mengeluarkan Kata-kata ini.

Saat Aceh Berduka, Akun-akun Ini Malah Mengeluarkan Kata-kata ini.

Saat Aceh Berduka, Akun-akun Ini Malah Mengeluarkan Kata-kata ini Tasaceh.com Saat aceh kembali di uji ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *